Irma Lismayani

Duta Rumah Belajar

Prov. Sulawesi Tenggara

Guru Idola

Sang Pujangga

Sabtu, 21 November 2020

PROFIL KANDIDAT 5 BESAR DUTA RUMAH BELAJAR 2020 PROVINSI SULAWESI TENGGARA

 

MOTIVASI SAYA DI PEMBATIK INI

Salam Rumah Belajar,

Nama saya Putu Wihartono dan saat ini saya mengajar di SMAN 11 KONAWE SELATAN, Sulawesi Tenggara. Saya sangat tertarik untuk mengikuti program guru pembaTIK ini dan merupakan suatu kesyukuran bagi saya bisa masuk ke dalam program ini dan masih berproses sampai saat ini. Sejak awal mengikuti program ini niat saya adalah untuk belajar meningkatkan kompetensi diri sebagai pendidik terkait penerapan model-model pembelajaran yang terintegrasi dengan TIK yang nantinya bisa saya terapkan di kelas saya. Selama mengikuti kegiatan ini ada banyak ilmu baru yang saya dapatkan terkait model pembelajaran dan bagaimana memanfaatkan TIK dalam pembelajaran (sesuai dengan harapan saya). Ternyata tidak hanya itu, saya juga mendapat pemahaman bahwa BERBAGI merupakan hal yang tidak kalah penting untuk kita lakukan. Berbagi ilmu dan pengalaman yang diperoleh di pembaTIK ini kepada rekan-rekan pendidik lainnya tentunya diharapkan dapat menginspirasi mereka untuk juga ikut belajar dan berinovasi dalam memanfaatkan TIK di dalam pembelajaran mereka masing-masing. Artinya akan semakin banyak pendidik yang mendapat manfaat dari program pembaTIK ini dan tentunya berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik mereka masing-masing. Atas dasar hal itu, saya sendiri berkomitmen kepada diri sendiri untuk terus belajar meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi TIK agar makin banyak hal yang bisa saya bagikan kepada rekan-rekan pendidik lainnya.

Menjadi Duta Rumah Belajar? Jika saya diberi kepercayaan untuk menjadi DRB tentu ini menjadi hal yang membanggakan, patut disyukuri dan yang paling penting adalah hal yang harus diterima dengan penuh tanggung jawab. DRB adalah mitra yang menjadi perpanjangan tangan kemdikbud untuk mensosialisasikan program-programnya dan juga merupakan guru model dalam inovasi pembelajaran. Bagi saya pribadi, saat ini saya sudah menjadi perpanjangan tangan Kemdikbud untuk terus mensosialisasikan pentingnya berinovasi dalam pembelajaran. Hal yang sudah dan akan terus saya lakukan adalah belajar lalu aktualisasi di kelas dan berbagi. Berbagi kepada rekan-rekan pendidik satu sekolah ataupun yang bukan satu sekolah dengan saya. Ada banyak cara untuk berbagi yang bisa saya lakukan misalnya dengan mengunggah konten-konten pembelajaran yang saya buat atau dokumentasi best practice inovasi pembelajaran yang saya lakukan di berbagai media social yang saya miliki. Selain itu saya juga secara regular menjadwalkan sosialisasi ke sekolah-sekolah jika situasi memungkinkan di tengah masa pandemic ini.

Jadi , bagi saya menjadi DRB ataupun tidak bukan menjadi suatu tolak ukur untuk meneruskan atau menghentikan langkah yang sudah saya mulai untuk terus belajar dan berbagi inovasi pembelajaran. Belajar dan berbagi adalah tanggungjawab setiap pendidik dan ini adalah komitmen diri saya sebagai seorang pendidik.

Sekian dari saya, terima kasih atas ilmu dan pengalaman selama pembaTIK ini, 

Salam Rumah Belajar.

Yuk lihat profil dari kandidat Duta Rumah Belajar SULTRA 2020, Putu Wihartono, S.Pd




1 komentar:

Pesan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Alamat

Jalan Mekar Jaya No.1, Kadia, Kota Kendari
Provinsi Sulawesi Tenggara 93115

Telepon

+(62) 81234 567

Website

www.irmalismayani.id