Irma Lismayani

Duta Rumah Belajar

Prov. Sulawesi Tenggara

Guru Idola

Sang Pujangga

Senin, 21 Desember 2020

Yang Perlu Guru Ketahui Tentang Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Program Guru Belajar adalah salah satu cara untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimiliki, mengevaluasi diri serta mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan. Pembelajaran pada Program Guru Belajar merupakan upaya mendorong perbaikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

Setelah meluncurkan Program Guru Belajar Seri Pandemi Covid-19 dan Seri Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) hari ini, Selasa 22 Desember 2020 diluncurkan Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Bapak Iwan Syahril yang dilaksanakan secara virtual melalui Youtube Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.  Siarannya dapat dilihat pada tayangan berikut :

 : 

Iwan Syahrir dalam sambutannya mengatakan "Asesmen Nasional (AN) dapat secara luas membuka ruang peningkatan literasi. AN tidak lagi seperti Ujian Nasional (UN), yang mengkotak-kotakkan ilmu berdasarkan mata pelajaran. Sebelumnya di Ujian Nasional bidang ilmu terkotak-kotak, misalnya bahasa Indonesia, matematika dan sebagainya. Pada Asesmen Kompetensi Minimum kita menyasar kompetensi utama lintas mata pelajaran, yaitu kompetensi inti literasi numerasi dan karakter yang mencakup semua mata pelajaran," 

Kompetensi literasi itu juga nantinya dibutuhkan para siswa pada bidang kerja mereka. Artinya siswa dipersiapkan untuk bergerak dalam ruang yang lebih luas.Lewat Asesmen Nasional, siswa akhirnya harus berkolaborasi dengan lintas bidang. Dengan begitu, siswa dapat berpindah-pindah, memiliki banyak kemampuan karena harus menyesuaikan cepatnya akselerasi kemajuan teknologi. Asesemen Nasional ingin menghadirkan pendidikan yang lebih holistik. Tak hanya dalam segi kognitif tapi juga karakter. Inilah yang menggambarkan filosofi pendidikan yang seharusnya," ujar pak Dirjen.

Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum adalah program yang dirancang untuk membantu para Guru/Kepala Sekolah SD, SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat dalam memahami tujuan, konsep dan bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional, serta dapat menganalisis contoh asesmen literasi membaca dan numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.

Apa tujuan program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum?
  • Memahami konsep Asesmen Nasional.
  • Memahami bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional.
  • Menganalisis contoh asesmen literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Minimum.
  • Menganalisis contoh asesmen numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.
  • Membaca dan menindaklanjuti laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum.
  • Melakukan pengimbasan dengan mengajak rekan guru yang lain untuk mengikuti program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum.

Siapa saja yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum?
Semua Guru SD, SMP dan SMA/SMK.
Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA/SMK.
Peserta yang berasal dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sederajat SD, SMP, SMA/SMK.
Telah memiliki Akun SIMPKB.

Tahapan Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19
Tahap 1: Bimtek
Peserta adalah Guru/Kepala Sekolah SD, SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat.

Tahap 2 : Pengimbasan
Peserta adalah Guru/Kepala Sekolah SD, SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat yang telah menyelesaikan Tahap 1 (Bimtek) dengan nilai minimal 70 dan dilakukan di satuan pendidikan peserta.

Jadwal Pelaksanaan
Berikut ini adalah jadwal pelaksanaan Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) berdasarkan Tahapannya.


Untuk mengiktui Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) dan mulai belajar silahkan akses https://gurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-asesmen-kompetensi-minimum/

Demikianlah informasi tentang Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jadilah bagian dari peserta yang bersemangat untuk terus mengembangkan kompetensi diri dan dapatkan informasinya tetap di gurubelajar.kemdikbud.go.id

Salam Guru Belajar.

3 komentar:

Pesan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Alamat

Jalan Mekar Jaya No.1, Kadia, Kota Kendari
Provinsi Sulawesi Tenggara 93115

Telepon

+(62) 81234 567

Website

www.irmalismayani.id