Irma Lismayani

Duta Rumah Belajar

Prov. Sulawesi Tenggara

Guru Idola

Sang Pujangga

Kamis, 03 Desember 2020

PROFIL DUTA RUMAH BELAJAR 2020

Tidak terasa perjalanan PembaTIK 2020 yang digelar sejak bulan April hingga November 2020 telah sampai dipuncaknya yaitu terpilihnya Duta Rumah Belajar tahun 2020 untuk setiap provinsi di Indonesia. 

Seleksi duta Rumah belajar tahun ini menjadi unik dan berbeda dibandingkan tahun sebelumnya karena situasi pandemi Covid-19. Ditahun sebelumnya Level literasi TIK (Level 1) dan Implementasi TIK (Level 2) dilakukan secara online selanjutnya level 3 (Kreasi TIK) dilakukan secara tatap nyata atau offline diprovinsi masing-masing dengan menghadirkan narasumber dari Pusdatin Kemdikbud. Level 4 kemudian dilakukan secara nasional di Jakarta. Namun tahun ini menjadi berbeda karena level 1 hingga level 4 dilakukakn secara online (tatap maya).

Tahapan seleksi yang berbeda menuntun kesiapan yang berbeda pula dari para calon Duta Rumah Belajar. Jika tahun sebelumnya para calon duta diharuskan melakukan sosialisasi secara nyata dengan mendatangi berbagai tempat dan kegiatan untuk mengenalkan Rumah Belajar, situasi pandemi menuntut kesiapan calon duta untuk sosialisasi secara maya melalui webinar-webinar. Hal ini benar-benar menguji kemampuan pemanfaatan TIK yang mumpuni dari para calon duta atau disebut sahabat rumah belajar. 

Meski tak diharapkan, tahap Berbagi TIK (Level 4) via maya ini memiliki kelebihan dimana dunia menjadi tidak terbatas sehingga memungkinkan sahabat rumah belajar dari berbagai provinsi dapat berkolaborasi. Sebagian besar para calon duta tak pernah bertatap nyata, namun mereka tetap dapat merasakan kedekatan dan keakraban saat tatap maya karena merasa semisi dan sevisi dalam membumikan Rumah Belajar. Salah satu hikmah dari pandemi Covid 19. 

Kini Duta Rumah Belajar 2020 dari 34 provinsi di Indonesia telah ditetapkan, berikut daftar nama-namanya :

Mereka adalah wajah baru pendidikan indonesia yang akan turut berperan dalam memajukan pendidikan di Indonesia khususnya dalam pemanfaatan TIK.

Duta Rumah Belajar 2020 hadir dan melengkapi Duta Rumah Belajar tahun sebelumnya yaitu Duta Rumah Belajar tahun 2017, 2018, dan 2019 sehingga secara keseluruhan ada 142 Duta Rumah Belajar seluruh Indonesia. Formasi duta rumah belajar ini menjadi kekuatan baru yang akan mewarnai perkembangan pendidikan dan teknologi di Indonesia. Mereka akan berbagi dengan para guru tentang perkembangan pemanfaatan teknologi terbaru.

Selamat bertugas para Duta Rumah Belajar.  Teruslah menginspirasi untuk negeri tercinta, Indonesia





7 komentar:

Pesan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Alamat

Jalan Mekar Jaya No.1, Kadia, Kota Kendari
Provinsi Sulawesi Tenggara 93115

Telepon

+(62) 81234 567

Website

www.irmalismayani.id