Irma Lismayani

Duta Rumah Belajar

Prov. Sulawesi Tenggara

Guru Idola

Sang Pujangga

Sabtu, 05 Desember 2020

MENDIKBUD NADIEM ANWAR MAKARIEM APRESIASI DUTA RUMAH BELAJAR

Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyelenggarakan Anugerah Kihajar 2020. Kihajar 2020 hadir dengan tiga varian baru, dengan tujuan memperluas akses dan kesempatan peserta untuk berpartisipasi, mulai dari Kihajar untuk para siswa, Kihajar TIK Talks dan Kihajar Explorer.

Dari tahapan yang dilakukan 301 GEN KIHAJAR dinyatakan lolos babak Final yang kemudian diseleksi kembali menjadi 10 terbaik dan 5 video terbaik dari masing-masing jenjang pendidikan.

Sementara ajang Membuat bahan TIK (MembaTIK) yang merupakan lomba membuat media pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) bagi guru, siswa, mahasiswa, dan khalayak umum. Ajang ini diikuti sebanyak 392 peserta yang terdiri dari beberapa kategoi perlombaan seperti video pembelajaran, multimedia interaktif, game edukasi, augmented reality (AR), dan motion grafik.

Kemudian, ajang Pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK) 2020 yang melibatkan guru-guru dari mulai tingkatan jenjang TK/PAUD hingga SMA/SMK sederajat dari seluruh Indonesia. Ajang ini meliputi 4 level yaitu level 1 (Literasi TIK), Level 2 (Implementasi TIK), Level 3 (Kreasi TIK) dan Level 4 (Berbagi TIK). Sebanyak 70.312  peserta guru mengikuti ajang ini mulai dari level 1 pada bulan April 2020 dan kini dilevel 4 telah terpilih 40 Duta Rumah Belajar 2020 dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Prestasi para Duta Rumah Belajar ini mendapat apresiasi dari Mendikbud. Dalam acara Anugerah Kihajar 2020 yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Televisi Edukasi dan Rumah Belajar Kemdikbud, Mendikbud Nadiem Anwar Makariem memberikan sambutannya 

“Saya berharap Bapak dan Ibu Duta Rumah Belajar menjadi role model bagi pendidik lain untuk dapat menghadirkan inovasi dan mendorong peningkatan kualitas pembelajaran. 

Kami di Kemendikbud akan terus mendukung semangat inisiatif dan inovasi Duta Rumah Belajar dalam memajukan pendidikan nasional.



Selamat juga kepada anak-anakku kepada para Generasi KIHAJAR yang terpilih malam ini.


Ditangan kalian tongkat estafet kepemimpinan bangsa akan diserahakan. Jangan puas  dengan prestasi yang ada terus asah yang berpikir kritis, kreatif mandiri dan bergotong royong serta berkolaborasi. Selalu ingat banyak tanya, banyak coba, banyak karya dan berfikir kritis.

Apresiasi diberikan setinggi tingginya kepada Bapak dan Ibu serta siswa partisipasinya dalam program yg di inisiasi oleh Pusdatin Kemendikbud sejak tahun 2006.

Antusiasme dari berbagai pihak dalam implementasi pembelajaran TIK ini mencerminkan semangat "Merdeka Belajar" yang sejati.” demikian ujar pak mentri. 

Sambutan pak mentri ini menjadi semangat bagi para guru dan siswa untuk terus berkarya dan berinovasi demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

GEN KIHAJAR, Generasinya 

DUTA RUMAH BELAJAR, Gurunya

BAHAN AJAR TIK, Medianya

MERDEKA BELAJARnya

#Anugerahkihajar2020 #tvedukasi #rumahbelajar #suaraedukasi #pusdatinkemdikbud #merdekabelajar #kemdikbudRI




0 komentar:

Posting Komentar

Pesan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Alamat

Jalan Mekar Jaya No.1, Kadia, Kota Kendari
Provinsi Sulawesi Tenggara 93115

Telepon

+(62) 81234 567

Website

www.irmalismayani.id