HAKIKAT ASESMEN
Mendengar kata Asesmen atau penilaian yang terbayang dalam
pikiran kita umumnya adalah pemberian tes oleh guru terhadap peserta didik
untuk mendapatkan skor penguasaan konsep peserta didik. Tes memang telah menjadi
instrumen asesmen yang banyak dikenal dikalangan pendidik. Namun demkian, perlu
diingat bahwa tes bukanlah satu-satunya alat yang dapat digunakan untuk
melaksanakan asesmen. Asesmen juga bukan sekedar alat untuk menjustifikasi
kemampuan siswa dalam menguasai konsep-konsep yang diajarkan guru.
Kata Assesmen berasal dari bahasa latin ”ashidere” yang bermakna to sit beside student (duduk disamping siswa) ini bermakna asesmen pada dasarnya adalah berbegai kegiatan guru yang dimaksudkan untuk membantu atau mendampingi siswa belajar. Dapat juga dikatakan bahwa asesmen merupakan proses memandu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan.
Saat ini masih banyak yang mencampuradukkan pengertian
antara evaluasi (evaluation), penilaian (assessment), pengukuran (measurement),
dan tes (test), padahal keempatnya memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda.
Berikut perbedaannya :
Evaluasi adalah kegiatan mengidentifikasi untuk melihat apakah suatu program yang telah direncanakan telah tercapai atau belum, berharga atau tidak, dan dapat pula untuk melihat tingkat efisiensi pelaksanaannya. Evaluasi berhubungan dengan keputusan nilai (value judgement).
Penilaian (assessment) adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar siswa atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) siswa. Penilaian menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar seorang siswa.
Pengukuran (measurement) adalah proses pemberian angka atau usaha memperoleh deskripsi numerik dari suatu tingkatan dimana seorang siswa telah mencapai karakteristik tertentu. Hasil penilaian dapat berupa nilai kualitatif dan nilai kuantitatif. Pengukuran berhubungan dengan proses pencarian atau penentuan nilai kuantitatif tersebut.
Tes adalah cara penilaian yang dirancang dan dilaksanakan
kepada siswa pada waktu dan tempat tertentu serta dalam kondisi yang memenuhi
syarat-syarat tertentu yang jelas.
Hubungan antara berbagai istilah tersebut terlihat pada bagan di bawah ini!
0 komentar