Irma Lismayani

Duta Rumah Belajar

Prov. Sulawesi Tenggara

Guru Idola

Sang Pujangga

Sabtu, 30 Oktober 2021

FINALIS PEMBATIK LEVEL 4 PROV. SULAWESI TENGGARA TAHUN 2021

PembaTIK kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling). Program menjadi agenda tahunan dari Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kemdikbudristek sejak tahun 2018.

Di tahun 2021, dengan semangat mendukung kemajuan guru dan tenaga pendidik di Indonesia, Pusdatin Kemdikbudristek kembali menyelenggarakan kegiatan PembaTIK dengan 4 Level. Hal ini dilakukan sebagai upaya memajukan pendidikan di Indonesia dengan membekali guru-guru dengan kemampuan pemanfaatan TIK agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih inovatif, sekaligus dalam rangka seleksi DUTA RUMAH BELAJAR. 

Pembatik 2021 dimulai dari Bimtek Daring Level 1 (Literasi TIK) yang berlangsung di bulan April - juli dengan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 80.000 peserta dari Seluruh Indonesia. Selanjutnya di level 2 (Implementasi TIK) yang berlangsung bulan Mei - Juli 2021 terseleksi menjadi 25.082 peserta dan di level 3  (Kreasi TIK) dibulan September - Oktober 2021 menjadi 4.070 peserta yang kemudian terseleksi kembali dilevel 4 (berbagi TIK) di bulan Oktober 2021 menjadi 30 peserta terbaik untuk setiap provinsi. Ketiga puluh peserta ini kemudian disebut sebagai Sahabat Rumah Belajar

Berikut 30 Finalis Pembatik level 4 Tahun 2021 Provinsi Sulawesi Tenggara

Sahabat Rumah Belajar adalah guru-guru terbaik dari Sulawesi Tenggara yang telah melakukan inovasi pembelajaran dengan menghasilkan konten pembelajaran yang berkualitas. Di level 4 mereka akan berbagi pengetahuan dan berkolaborasi dengan rekan guru lainnya dalam pemanfaatan TIK dan portal Rumah Belajar. Peserta terbaik di level 4  ini akan dikukuhkan sebagai Duta Rumah Belajar yaitu perpanjangan tangan dari Pusdatin Kemendikbud dalam melakukan pengembangan dan pendayagunaan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) untuk pembelajaran di provinsinya terutama Portal Pembelajaran GRATIS dari pemerintah yaitu Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id).

Akhirnya...semangat berbagi dan berkolaborasi para Sahabat Rumah Belajar. Menjadi Duta Rumah Belajar hanyalah bonus dari rangkaian proses yang telah dan akan sahabat lalui. Namun saat ini, sahabat Rumah Belajar sudah menjadi inspirasi dan contoh bagi rekan guru lainnya yang terdepan dalam pemanfaatan TIK untuk pembelajaran sebagai sumbangsih bagi kemajuan Pendidikan. 

Sumber : https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/

7 komentar:

Pesan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Alamat

Jalan Mekar Jaya No.1, Kadia, Kota Kendari
Provinsi Sulawesi Tenggara 93115

Telepon

+(62) 81234 567

Website

www.irmalismayani.id