Irma Lismayani

Duta Rumah Belajar

Prov. Sulawesi Tenggara

Guru Idola

Sang Pujangga

Jumat, 11 Desember 2020

GURU PAPUA DAN PAPUA BARAT SEMANGAT MENINGKATKAN KOMPETENSI TIK

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan program Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran bagi guru di provinsi Papua dan Papua Barat yang berlangsung selama 3 pekan (3-23 Desember 2020). Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam hal penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guna mendukung terciptanya model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan tuntutan abad 21. Hal ini sejalan dengan harapan besar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, yang siap menyongsong revolusi industri 4.0.

Terlebih lagi, pengintegrasian TIK ke dalam proses pembelajaran diperlukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Pembekalan guru akan literasi TIK akan meningkatkan efektifitas, efisiensi dan kemenarikan proses pembelajaran. Oleh karena itu guru dituntut untuk memiliki kompetensi keahlian yang cukup untuk memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga lebih optimal dalam penyampaian materi pelajaran di sekolah.

Program ini merupakan kelanjutan dari Bimtek Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbud ditahun 2019. Jika ditahun sebelumnya Bimtek dilaksanakan secara offline dimana tim Pusdatin Kemdikbud bersama 10 Duta Rumah Belajar  langsung berkunjung ke kota/kabupaten di provinsi Papua dan Papua Barat  untuk memberikan bimbingan dan pendampingan, namun tahun ini karena terbatasi oleh Pandemi Covid_19 sehingga bimtek dilaksakana secara online atau tatap maya.  

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek) berjenjang, yaitu Tingkat Dasar dan Tingkat Lanjut. Di setiap tingkat, peserta diberikan modul, tugas yang harus diselesaikan, absensi kehadiran yang harus terpenuhi dan ujian level yang harus dilewati. Untuk membantu peserta dalam pendalaman materi dan penyelesaian tugas, para tutor mendampangi peserta melalui komunikasi via grup WhattApps, Forum Diskusi dikelas pada Web Simpatik dan tatap maya sebanyak 3 kali via aplikasi Zoom. 

Hari ini, jumat 11 desember 2020 diadakan tatap maya pertama untuk tingkat dasar khsususnya kelas A2. Dikelas ini ada Tim Pusdatin, Duta Rumah Belajar dan Sahabat Rumah Belajar Papua yang berkolaborasi dalam membimbing dan mengarahkan peserta. 

Kegiatan tatap maya pertama dibuka oleh moderator bapak Mohammad Ubaidillah, Sahabat Rumah belajar Papua tahun 2020. 

Selanjutnya penyampaian tata cara akses dan masuk kedalam kelas simpatik oleh sahabat rumah belajar 2020 ibu Rosidah Atmadani

Materi pertama kemudian disampaikan oleh ibu Irma Lismayani, Duta Rumah Belajar Sulawesi Tenggara 2018 tentang Dasar-Dasar Perangkat TIK. Materi ini membahas tentang komponen komputer yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Materi yang sudah familiar diketahui bahkan dimanfaatkan oleh bapak ibu guru dalam mengerjakan tugas keseharian terutama sebagai guru. 

SAJIAN MODUL DASAR-DASAR PERANGKAT TIK dapat diunduh disini

Materi kedua tentang Pengenalan Dasar Pengolahan kata, data dan presentase disampaikan oleh ibu Ai Sri Nurhayati, PTP Pusdatin Kemdikbud. Narasumber memberikan penjelasan dan mempraktekkan penggunaan aplikasi Microsoft Word, Exel dan Power Point

SAJIAN MODUL PENGENALAN DASAR PENGOLAHAN KATA, DATA DAN PRESENTASE dapat diunduh disini 

Materi ini ditanggapi dengan antusias oleh para peserta dengan begitu banyaknya pertanyaan yang diajukan. Materi ini menjadi menarik karena aplikasi-aplikasi inilah yang banyak digunakan oleh para guru dalam penyelesaian tugas pembelajaran. 

Diakhir kegiatan tatap maya diadakan kuis menggunakan aplikasi Quiziz yang semakin menambah seru vicon kali ini. Pemenang dari kuis ini akan mendapatkan hadiah pulsa dari Pusdatin Kemdikbud

Kegiatan selanjutnya ditutup dengan sesi foto bersama sebagai dokumentasi. Jumlah peserta yang hadir di room zoom sekitar 50 peserta. Jumlah ini sudah luar biasa dengan melihat kondisi daerah di Papua yang sulit akses internet. Saya begitu salut dengan perjuangan bapak ibu guru di Papua dan Papua Barat yang begitu semangat mengikuti kegiatan dan antusias dalam meningkatkan kompetensi TIK meski berada ditengah keterbatasan. Saya yakin dan percaya dengan semangat mereka akan lahir inovasi-inovasi pembelajaran di masa mendatang. 





Terima kasih kebersamaan dan sharingnya hari ini bapak ibu guru Papua dan Papua Barat

Semoga diberi kesehatan untuk berjumpa kembali ditatap maya selanjutnya.

Salam sukses dan terus semangat





2 komentar:

Pesan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Alamat

Jalan Mekar Jaya No.1, Kadia, Kota Kendari
Provinsi Sulawesi Tenggara 93115

Telepon

+(62) 81234 567

Website

www.irmalismayani.id