Irma Lismayani

Duta Rumah Belajar

Prov. Sulawesi Tenggara

Guru Idola

Sang Pujangga

Kamis, 19 November 2020

PELATIHAN PENGEMBANGAN ARTIKEL JURNAL TEKNODIK (SERIES 2)

Kamis, 19 November 2020 kegiatan Webinar Series Pelatihan Pengembangan artikel Jurnal Teknodik dibuka oleh MC ibu Indah Sekarloka, PTP Muda Pusdatin Kemdikbud.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh narasumber bapak Dr. Oos M. Anwas, M.Si, Peneliti Ahli Utama Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan moderator bapak Samsul Hadi, PTP Pusdatin Kemdikbud. 


Narasumber menyampaikan materi tentang Tips dan Trik Menulis artikel hasil kajian dan hasil penelitian Teknologi Pendidikan di Jurnal Teknodik. Salah satu tips dalam menulis yang beliau sampaikan adalah menulis draft cepat (Jotting).  Menulis saja, koreksi dilakukan belakangan. Setelah bahan-bahan tersedia, tuliskan semua ide yang ada di kepala kita hingga menjadi draft kasar. Draf ini kemudian dibaca-baca kembali. Kekurangan yang ditemui pada tulisan dapat dilengkapi, misalnya perlu menambahkan referensi. Jika telah selesai mintalah pada kawan atau orang lain untuk membaca tulisan kita untuk mendapatkan masukan dari mereka demi penyempurnaan tulisan kita sebelum menjadi naskah jadi. Tips ini cukup efektif dan dapat menjaga mood kita saat menulis. 



Selain itu narasumber juga menyampaikan salah satu yang menentukan kualitas naskah adalah unsur kebaruan (Novelty). Kebaruan adalah sesuatu yang membuat penelitian yang kita lakukan berbeda dari yang lain. Kebaruan akan menjadikan karya kita memberikan sumbangsih dan manfaat bagi khalayak. Kebaruan tidak mesti berkaitan dengan waktu, tetapi bisa berkaitan dengan hasil penelitian, metodologi, tempat penelitian dan berbagai hal lainnya. kebaruan dapat diibaratkan ketika ada sebuah celah kecil dan kita mampu mengisi celah tersebut  maka itulah kontribusi yang kita berikan dari penelitian kita sehingga dapat dikatakan memiliki kebaruan (Novelty). 

Peserta webinar begitu antusias mendengarkan materi yang disampaikan narasumber nampak dari banyaknya pertanyaan yang diutarakan.


Salah satu peserta dengan pertanyaan terpilih kemudian memperoleh hadiah buku karangan bapak Oos yang ditanda tangani langsung oleh beliau.

Materi Tips dan Trik Menulis artikel hasil kajian dan hasil penelitian Teknologi Pendidikan di Jurnal Teknodik selengkapnya dapat diunduh disini

Materi kedua disampaikan oleh bapak Dr. Purwanto, M.Pd, PTP Ahli Utama dengan moderator bapak koesnandar, M.Pd, PTP Ahli Madya Pusdatin Kemdikbud. 


Bapak Purwanto menyampaikan materi tentang cara menulis artikel hasil penelitian Teknologi Pendidikan dengan metode R&D. Beliau menyampaikan bahwa sebagai akademisi, pendidik dan tenaga kependidikan memiliki tugas memahami fenomena, membuka misteri, memecahkan masalah, menghadapi masa depan, menguasai dan mengembangkan ilmu pengetahuan, menciptakan inovasi dan memanfaatkan teknologi serta pendekatan baru. Pemecahan masalah secara kretif dapat dilakukan melalui penelitain dan pengembangan. 


Dengan gaya penyampaian yang santai beliau membuka pikiran para peserta bahwa Penelitian  R&D adalah penelitian yang mudah dilakukan, karena pada dasarkan sebagai pendidik kita tidak bisa lepas dari kegiatan riset. Penelitian Pengembangan atau  Research and Development  (R&D) dapat diartikan sebagai suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada. Yang dimaksud dengan produk dalam konteks ini adalah tidak selalu berbentuk hardware (buku, modul, alat bantu pembelajaran di kelas dan laboratorium), tetapi bisa juga perangkat lunak (software) seperti program untuk pengolahan data, pembelajaran di kelas, perpustakaan atau laboratorium, ataupun model- model pendidikan, pembelajaran pelatihan, bimbingan, evaluasi, manajemen,dll.

Salah satu model yang digunakan pada penelitian R&D adalah model pengembangan dengan pendekatan ADDIE. Model R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). 

Untuk merencanakan penelitian pengembangan model pembelajaran berikut langkah-langkah yang harus dilakukan : 

  • Tulislah PERMASALAHAN pendidikan/pembelajaran yang akan Anda selesaikan!
  • Tulislah judul/nama MODEL pembelajaran yang akan Anda kembangkan!
  • Rencanakanlah kegiatan ANALISIS untuk pengembangan model pembelajaran tsb!
  • Susunlah rencana pengembangan model pembelajaran Anda secara detil hingga tahapan EVALUASI!
  • Silakan diskusikan rencana penyebarluasan/DIFUSI/DISEMINASI agar model pembelajaran tersebut diadopsi/digunakan secara NASIONAL

Materi cara menulis artikel hasil penelitian Teknologi Pendidikan dengan metode R&D selengkapnya dapat diunduh disini

Antusias peserta masih tinggi mendengarkan materi dan mengajukan pertanyaan pada narasumber meskipun hari telah beranjak siang. Diakhir sesi penyampaian materi bapak Gogot Suharwoto, Ph.D selaku Chief Editor Teknodik kembali mendorong semangat para peserta untuk segera mempraktekkan ilmu yang sudah didapatkan dari semua narasumber menjadi sebuah naskah artikel. 

Dipenghujung acara kembali disajikan kuis kahoot dan peserta yang beruntung memperoleh hadiah voucer pulsa dari panitia. Webinar kemudian di tutup dengan foto dokumentasi seluruh peserta webinar. 








Alhamdulillah mendapat banyak ilmu hari ini. 




12 komentar:

  1. Keren..... Sangat bermanfaat....

    BalasHapus
  2. Sangat menginspirasi..semoga bisa terus berkarya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. terima kasih bang reevi, sukses selalu

      Hapus
  3. Informasi yang sangat bermanfaat buat para guru. Terus berbagi dan menginspasi💪🙏👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. terma kasih dukungannya selalu ibu guru inspirasi

      Hapus
  4. Sangat bermanfaat terutama tentang menulis draft cepat (Jotting). 

    BalasHapus
  5. Terimakasih informasinya bu Irma 🤗

    BalasHapus

Pesan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Alamat

Jalan Mekar Jaya No.1, Kadia, Kota Kendari
Provinsi Sulawesi Tenggara 93115

Telepon

+(62) 81234 567

Website

www.irmalismayani.id