SELANGKAH MENUJU DUTA RUMAH BELAJAR 2020

by - November 20, 2020

Halo sahabat Rumah Belajar

Tak terasa Perjalanan PembaTIK 2020 yang mulai digelar pada bulan April tahun 2020 untuk level 1(literasi TIK) hingga level 4 (Berbagi TIK) di bulan ini, kini telah mencapai puncaknya yaitu seleksi Duta Rumah Belajar tahun 2020 untuk 34 Provinsi Se Indonesia. 

Setelah melewati rangkaian penilaian dan musyawarah oleh para tentor pembaTIK level 4 terhadap tugas/karya kandidat 30 besar Finalis Duta Rumah Belajar per provinsi  atau lebih dikenal dengan sebutan sahabat Rumah Belajar, hari ini telah rilis Pengumuman 5 besar kandidat Duta Rumah Belajar 2020 untuk seluruh provinsi di Indonesia. 

Nama-nama yang terpilih sebagai kandidat dapat dilihat pada surat undangan berikut ini

PENGUMUMAN KANDIDAT DUTA RUMAH BELAJAR 2020

Di hari senin nanti, 23 November 2020, 5 kandidat dari setiap provinsi atau 170 kandidat duta rumah belajar seluruh Indonesia akan mengikuti seleksi Duta Rumah belajar tahun 2020 secara daring. Seleksi terdiri dari 2 sesi yaitu Penjurian Unjuk Kerja dan Penjurian Subtansi. Untuk penjurian Unjuk kerja kandiddat akan diminta melakukan unjuk kerja yang akan ditentukan oleh panitia. Sedangkan pada penjurian Substansi peserta akan mempresentasikan Rencana Aksi 1 tahun ke depan apabila terpilih menjadi Duta Rumah Belajar 2020. Sesi Unjuk Kerja dijadwalkan berlangsung selama 10 menit dan penjurian Substansi selama 30 menit.

Apa saja yang harus disiapkan dan dilakukan oleh para kandidat?

1. Melengkapi ketentuan administrasi yang telah ditetapkan pra-acara  yaitu Mengisi formulir (berisi CV, Critical Incident dan Rencana Aksi 1 tahun apabila terpilih menjadi Duta Rumah Belajar) paling lambat H-1 sebelum seleksi berlangsung

2. Persiapkan peralatan tempur atau sarana prasarana yang akan mendukung lancarnya kegiatan penjurian, yaitu: 

- Jaringan internet yang stabil 

- Laptop dan headset portable (tidak disarankan menggunakan handphone)

- Gambar dan suara aktif pastikan tidak ada trouble

3. Masuk room virtual setidaknya 15 menit sebelum jadwal seleksi berlangsung agar tidak terburu-buru dan masih memiliki cukup waktu untuk mengatur napas dan menenangkan perasaan (hehehe). Jangan lupa atur penamaan pada zoom dengan format  Nama – Provinsi

 (Contoh: Hendri P M – Yogyakarta)

4. Ikuti proses penjurian dengan tenang, baca doa terlebih dahulu, jawab segala pertanyaan dari juri dengan baik, santun, percaya diri dan lakukan sesi unjuk kerja dengan performa terbaik.

Setelah mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi, berdoa yang terbaik dan serahkan semua hasilnya pada Tuhan yang maha kuasa. Karena manusia punya Usaha, Tuhan Punya Kuasa. 

Jika memang rejeki sahabat menjadi duta maka tak akan lepas dari tangan sahabat. Namun jika tidak berarti belum rejeki sahabat. Lahan berbagi, berkarya dan berkiprah tetap terbuka lebar. Masih banyak jalan rejeki lainnya. Tetap semangat dan jangan berkecil hati, dan yang paling penting jangan berhenti untuk berbagi dan berkolaborasi untuk menyiarkan rumah belajar.

Salam sukses sahabat rumah belajar semua. 

Bapak ibu adalah guru-guru terbaik dan inspiratif yang dimiliki Indonesia. 

Menjadi keluarga besar Rumah Belajar selamanya.




You May Also Like

20 komentar

  1. Informasinya bermanfaat.. Buat persiapan teman2 yg lolos...

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak atas informasinya ❤️

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya u duta terbaik

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya bu duta terbaik

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya bu duta.mhon bimbingannya

    BalasHapus
  6. Terima kasih infonya bu duta.mhon bimbingannya

    BalasHapus
  7. Terimakasih guru, semoga rejeki tahun ini,,aamiin😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin guru jika rejeki tak kemana hehe sukses terus

      Hapus
  8. Terima ksh ibu...untk rencana aksi tgs satu tahun kedepan gmn ibu???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 sahabat.rencana yang akan diprogramkan selama 1 tahun kedepan sahabat

      Hapus
  9. Adakah panduan tgs duta rmh belajar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tugas duta rumah belajar sebagai perpanjangan tangan Pusdatin di daerah untuk mensosialisasikan portal rumah belajar dan produk Pusdatin lainnya serta berkontribusi dalam mengisi konten di Rumah Belajar

      Hapus